Oct 21

Passing Grade CPNS Pelamar Umum dan PPPK

Selain dari Komposisi Soal CPNS yang harus diketahui oleh calon peserta Tes CPNS 2014 yang tak kalah pentingnya adalah tentang ambang batas nilai minimal yang harus dicapai oleh peserta atau yang dikenal dengan Passing Grade yang berbeda antara tes Pelamar Umum maupun yang menggunakan jalur PPPK (pengganti jalur honorer K2 yang dihapuskan), dan bagaimana dengan Passing Grade pada penerimaan CPNS 2014 kali ini? Yuk simak ulasan singkat kami dalam Passing Grade CPNS Pelamar Umum dan PPPK.

Layaknya kelulusan sekolah ataupun perguruan tinggi tentu ada ambang batas nilai yang harus dicapai dan begitu juga dengan tes CPNS yang akan diikuti hanya saja sedikit perbedaan yang cukup mencolok antara tes CPNS dengan tes kelulusan lainnya tidak semua peserta yang mencapai batas passing grade dinyatakan lulus melainkan harus juga mencapai nilai terbaik di antara peserta lainnnya.

Seperti contoh pada tahun lalu misal di Kabupaten Musi Rawas membuka formasi lowongan penerimaan CPNS untuk Guru Sekolah Dasar (Guru SD) sebanyak 37 orang dengan lebih dari 500 peserta yang ikut tes menggunakan sistem CAT dengan tempat pelaksanaan di Kantor BKN wilayah Kota Palembang sebab fasilitas yang dimiliki oleh Pemkab Musi Rawas sendiri belum memadai untuk hal itu dan pelaksanaan tes harus dilakukan di provinsi.

Dan pada saat pengumuman tes CPNS 2014 yang digelar ternyata hanya 32 orang saja yang masuk dalam passing grade CPNS, dikarenakan kuota yang diperlukan tidak terpenuhi maka secara otomatis semua peserta dinyatakan lulus, sebaliknya contoh lain yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan pada tahun lalu.

Dari sekian banyak peserta tes CPSN Kab Ogan Ilir yang ikut tes formasi CPNS DIII Keperawatan ternyata ada lebih dari 20 orang yang masuk passing grade namun kuota yang diperlukan adalah 13 orang maka secara otomatis hanya 13 orang peserta saja dengan perolehan nilai tertinggi yang dinyatakan lulus selebihnya atau 7 orang lainnya dianggap gugur atau tidak lulus dalam tes CPNS tersebut.

Nah dari 2 contoh tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa bukan sekedar passing grade atau ambang batas nilai saja yang harus dicapai melainkan harus juga bisa mendapatkan nilai tertinggi dari peserta lainnya agar bisa mendapatkan satu kursi dari jumlah formasi yang dibuka dalam penerimaan CPNS 2014 sehingga persiapan yang sungguh-sungguh sejak sekarang bisa dianggap sebagai hal yang wajib dilakukan oleh setiap peserta.

Mengenai jumlah passing grade yang harus dicapai sendiri dibedakan berdasarkan sistem atau jalur penerimaan yang diikuti karena seperti halnnya tahun lalu untuk jalur tes Pelamar umum dan juga jalur tes honorer k2 sedikit berbeda dan akan berlaku lagi pada tahun 2014 walaupun mungkin akan terjadi sedikit perubahan.

Berikut informasi Passing Grade CPNS baik jalur Pelamar Umum ataupun Jalur PPPK yang kami peroleh dari web Menpan dan BKN yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 35/2013 tentang Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS:

Untuk peserta TKD dengan sistem CAT nilai karakteristik pribadi minimal harus  mencapai 60% dari nilai maksimal yakni 175, yakni 105. Sedangkan intelegensia umum, nilai minimalnya 75 (50%) dari nilai maksimal, dan wawasan kebangsaan nilai minimalnya 70. Adapun passing grade untuk peserta TKD dengan sistem LJK, nilai karakteristik pribadi minimal 108, intelegensia umum minimal 70, dan wawasan kebangsaan 64. Dijelaskan juga bahwa penilaian untuk tes karakteristik pribadi (TKP) tidak ada nilai 0 (nol), tetapi kisaran skornya 1 – 5. Sedangkan nilai untuk intelegensia umum dan wawasan kebangsaan, kalau salah 0 (nol) kalau benar nilainya 5 (lima).

Passing grade CPNS 2014

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan terkait Passing Grade CPNS Pelamar Umum dan PPPK yang lebih mengacu pada ambang batas nilai tahun lalu yang akan diperbarui sesuai dengan perkembangan informasi yang ada dalam Pengumuman CPNS 2014 nanti.